Best Survival Hack in Indonesia - At Airport, Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)

Instruktur: Roslina Sawitri M.Pd.Bahasa: English

Every nation has customs that one needs to know of before arrival. This course helps you in recognizing several things to learn and prepare when you want to visit or stay in Indonesia, especially for long-term stay educational purposes. You will understand better Indonesian’s customs, cultures, lifestyles, food and other things after taking this course. 

Setiap Negara memiliki kebiasan yang harus diketahui sebelum anda tinggal dan belajar. Kursus ini membantu anda dalam berbagai hal yang perlu diketahui serta dipersiapakan ketika anda ingin mengunjungi atau tinggal di suatu Negara khusunya untuk kepentingan pendidikan dalam waktu yang cukup lama. Kebiasaan, adat istiadat, cara hidup, makanan dan hal-hal di luar pendidikan akan kalian ketahui setelah mengikuti kursus.

Kursus ini bisa menjadi modal untuk setiap orang asing dalam berbagai kepentingan untuk datang ke Indonesia baik yang akan berkuliah, berlibur, atau berkepentingan dalam bekerja di berbagai bidang pekerjaan. 

Kurikulum Belajar

Self Paced

Belajar dengan kecepatan dan jadwal sendiri, selama masa akses 6 bulan.

Qualified Content

Course ini telah melalui tahapan kurasi dan revisi yang ketat.

Certificate Ready

Dapatkan sertifikat begitu Anda menyelesaikan course ini.

Full Online

Belajar course bisa darimana saja dan kapan saja.

Qualified Creator

Kreator Course ini sudah memiliki track record yang terbukti di bidangnya.

Affordable Price

Dapatkan course ini dengan harga yang okay.

Instruktur

Roslina Sawitri MPd.

Lecturer

Roslina Sawitri lulus dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan gelar magister pendidikan bahasa Inggris pada tahun 2012. Pernah belajar metodologi pengajaran bahasa Inggris di Hyogo University of Teacher Education di Jepang (2014-2016). Ketika menjadi Duta Bahasa Negara Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, ia menjadi postgraduate fellow untuk mengajarkan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di salah satu kampus Ivy League ternama, Yale University, di Amerika Serikat (2017). Ia bergabung di Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2018 sebagai dosen tamu Bahasa Inggris di jurusan Administrasi Publik. Setahun kemudian, ia mulai mengajar BIPA bagi penerima beasiswa Darmasiswa dan KNB di UNPAR. Ia terlibat penulisan lima buku antologi tentang digital tools bersama komunitas Kelas Kreatif, pembicara seminar daring/workshop dan aktif memberikan kuliah umum di beberapa universitas di Indonesia pada masa pendidikan jarak jauh (PJJ) selama tahun 2020. Ia mengikuti Asia-Europe Foundation ClassNet School Collaboration 2020. Selain itu, ia berhasil menyelesaikan online course di Iowa State University yang dinominasikan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

Chintia D. Yurensi,  MPd.

Lecturer

Chintia Devi Yurensi memiliki latar belakang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia UPI dan lulus tahun 2015. Selama perkuliahan Chintia mengambil fokus kejuruan BIPA. Aktif mengikuti pelatihan BIPA, magang dan bekerja paruh waktu di Balai bahasa UPI sejak 2016. Pada semester Ganjil tahun 2016 Penulis meneruskan pendidikan S2 di prodi Pendidikan Bahsa Indonesia konsentrasi BIPA. Penulis aktif menjadi tutor dan tutor privat BIPA. Pada tahun 2017 penulis memulai karirnya di UNPAR untuk mengajar mahasiswa asing yang sedang mingikuto program perkuliahan di UNPAR. Tahun 2018 Chintia berkesempatan mengikuti program Language Asisstant yang diadakan oleh Departement Education and Training Victoria, Australia. Bekerja selama satu tahun di negeri kanguru sebagai asisten guru Bahasa Indonesia di berbagai tingaktan sekolah mulai dari siswa prasekolah hingga siswa kelas 12. Pada tahun 2019 kembali ke Indonesia dan melanjutkan mengajar mahasiswa BIPA UNPAR hingga saat ini.

Kristining Seva, SSi., MPd.

Lecturer

Kristining Seva lulus dengan predikat cumlaude dari Fakultas Sastra, Jurusan Sastra Inggris, Universitas Gadjah Mada pada tahun 2003. Ia memulai karir sebagai dosen honorer di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dari 2003 sampai dengan 2013. Selain itu, ia mengajar di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Universitas Kristen Maranatha, Universitas Widyatama, dan SMP Kristen Yahya Bandung dalam rentang waktu 2007-2012. Dalam kurun waktu sama, ia menyelesaikan master pendidikan Bahasa Inggris, di Universitas Pendidikan Indonesia, lulus pada tahun 2012. Pendalamannya terhadap BIPA,ia peroleh selama mengajar di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, sejak 2014 sampai sekarang, sebagai dosen tetap di Fakultas Filsafat. Ia juga pelopor sekaligus pengajar dalam mendirikan program BIPA di UNPAR pada tahun 2017. Ia dikenal sebagai pengajar BIPA dengan metode yang unik, sederhana, menyenangkan, namun mudah dimengerti. Ia memberikan antusiasme tersendiri bagi mahasiswa BIPA yang mengikuti kelasnya. Beberapa kali ia juga diminta untuk berkolaborasi dengan Balai Bahasa Jabar dalam memberikan materi BIPA untuk mahasiswa asing yang sedang belajar di Bandung, juga mengisi materi BIPA dalam kegiatan summer program atau International Student Conference di UNPAR yang melibatkan banyak mahasiswa asing.

Reviews and Testimonials

Rekomendasi Kursus Terkait