Contact us

Time Value of Money: Concept

Instruktur: Angga Sasmitapura, MichaelBahasa: Indonesia

Salah satu konsep dasar keuangan yang menarik untuk dipelajari adalah konsep time value of money. Konsep ini tidak hanya digunakan oleh profesional di bidang keuangan saja, namun perlu untuk dipahami oleh kebanyakan orang dari berbagai latar belakang karena sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yaitu dalam mengelola keuangan pribadi dan keluarga. 

Pengelolaan keuangan yang tepat dapat meningkatkan kesejahteraan seseorang. Sebagai perencana keuangan untuk diri sendiri, kita perlu mempersiapkan dana pensiun sejak dini, memanfaatkan peluang investasi, menganalisis pinjaman, dan aplikasi keuangan lainnya. Pada dana pensiun, kita perlu menghitung besarnya dana pensiun yang harus terkumpul untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup saat mencapai usia pensiun. Kemudian, dengan munculnya ragam produk investasi seperti reksadana, saham, obligasi, unit link, P2P lending, maka hal ini dapat memberikan banyak peluang bagi kita untuk mewujudkan tujuan keuangan. Di sisi lain, ketika kita membutuhkan sumber pendanaan seperti pinjaman baik untuk keperluan usaha maupun rumah tangga, kita juga perlu menganalisis tawaran yang ada sehingga dapat memilih alternatif yang terbaik.

Pengelolaan keuangan seperti yang dipaparkan diatas tidak terlepas dari konsep time value of money. Kita akan belajar cara menghitung hasil dari investasi dengan suatu tingkat bunga tertentu, menghitung kebutuhan uang saat ini untuk mencapai suatu tujuan keuangan, menghitung tabungan rutin, menghitung tingkat suku bunga yang sebenarnya (tingkat bunga efektif), menghitung tingkat pertumbuhan dana serta kinerja produk investasi, menghitung angsuran produk pinjaman, sampai dengan melakukan valuasi yaitu penghitungan nilai wajar suatu aset (misalnya saham) melalui pendekatan discounted cash flow.

Course ini akan dibagi menjadi 2 bagian. Pada bagian pertama, akan diperkenalkan konsep dasar dari time value of money, seperti present value, future value, annuity, serta pengenalan tools yang dapat digunakan untuk mempermudah penghitungan. Kemudian pada bagian kedua, akan dibahas kasus penghitungan time value of money serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Kurikulum Belajar

Self Paced

Belajar dengan kecepatan dan jadwal sendiri, selama masa akses 6 bulan.

Qualified Content

Course ini telah melalui tahapan kurasi dan revisi yang ketat.

Certificate Ready

Dapatkan sertifikat begitu Anda menyelesaikan course ini.

Full Online

Belajar course bisa darimana saja dan kapan saja.

Qualified Creator

Kreator Course ini sudah memiliki track record yang terbukti di bidangnya.

Affordable Price

Dapatkan course ini dengan harga yang okay.

Instruktur

Angga Sasmitapura,S.E., M.Ak., CMA., PFM

Lecturer, Trainer

Angga Sasmitapura merupakan dosen Program Studi Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan. Ia memperlengkapi dirinya dengan sertifikasi di bidang akuntansi dan keuangan, yaitu CMA (Certified Management Accountant) dan PFM (Professional Financial Modeller). Angga mengampu mata kuliah di bidang keuangan, sistem informasi, serta manajemen stratejik. Pada awal mulai karirnya, Angga bekerja di industri perbankan sebagai internal auditor dan analis keuangan. Selain menjadi dosen, Angga juga aktif sebagai business process consultant.

Michael,S.E., M.Ak., CMA., PFM

Lecturer, Trainer

Michael adalah dosen Program Studi Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan. Ia menamatkan program Magister Akuntansi dengan tesis yang berkaitan dengan analisis peringkat obligasi di Indonesia. Michael juga memperdalam keilmuan serta kompetensinya dengan sertifikasi CMA (Certified Management Accountant) dan PFM (Professional Financial Modeller). Sebelumnya, ia memulai karirnya sebagai eksternal auditor di Kantor Akuntan Publik Big 4, lalu terjun ke berbagai industri, seperti di industri perhotelan, manufaktur, serta perusahaan pembiayaan. Selain menjadi dosen, Michael juga aktif sebagai business process consultant.

Reviews and Testimonials

Rekomendasi Kursus Terkait