Pelatihan Assertive Communication untuk Relasi Tanpa Gaslighting

Ditulis oleh Budi HB pada Thu Jan 12, 2023

Berkerja sama dengan Cornerstone Academy, UNPAR Plus menyelenggarapan pelatihan onsite dengan materi tentang Bagaimana cara menghadapi orang gaslighting?, ada Rabu, 11 Januari 2023, di kantor UNPAR Plus, Jl. Menjangan 12 Bandung. Pelatihan ini merupakan trial class dari pelatihan online (coaching), yang sedang ditawarkan di platform UNPAR+ dengan judul: Bold and Assertive Communicator – Bachelor Module.

Pelatihan onsite ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari UNPAR dan ITB, serta perwakilan dari Biro Pengembangan Modal Insani (BPMI), UNPAR. Pelatihan ini memberikan kesadaran, bahwa orang di sekitar kita, bisa teman, rekan kerja dan atasan di tempat kerja atau bahkan di lingkungan politik, yang menggunakan gaslighting dengan sadar atau tanpa sengaja untuk mendapatkan kekuasaan dan kendali atas orang lain. Gaslighting adalah salah satu bentuk manipulasi psikologis dimana pelaku mencoba menanamkan keraguan diri dan kebingungan di benak korbannya.

Beberapa contoh metode gaslighting, yang biasa digunakan adalah denial dan belittling. Ucapan, “ah nggak, aku ndak pernah ngomong seperti itu” digunakan untuk denial dan menumbuhkan keraguan kepada lawan bicara. Atau ucapan, “kamu membesar-besarkan masalah itu” digunakan untuk merendahkan atau memberi kesan dan penilaian bahwa lawan bicara tidak penting. Ada banyak metode gaslighting lain dibahas di pelatihan onsite ini. Bagaimana cara kita menghadapi orang yang melakukan gaslighting kepada kita?

Langkah pertama diajarkan adalah pentingnya mengenali pikiran dan perasaan sendiri. Kita perlu berlatih mindful terhadap pikiran dan perasaan diri sendiri. Langkah-langkah selanjutnya yang bersifat praktis juga didiskusikan daan dilatih dalam acara ini.

Bagi Anda yang tertarik dengan materi ini dan berlatih untuk menjadi mahir dalam berkomunikasi dengan teman atau pun rekan kerja, dapat mengikuti kursus pengembangan diri melalui platform UNPAR+: Bold and Assertive Communicator – Bachelor Module, yang dapat diakses di sini. Kursus ini dilaksanakan secara real-time virtual class setiap hari Rabu, mulai 8 Februari 2023.

Launch your GraphyLaunch your Graphy
100K+ creators trust Graphy to teach online
UNPARPlus 2024 Privacy policy Terms of use Contact us Refund policy