Kuliah di Korea Selatan, Berikut Beberapa Hal yang Harus Diketahui

Ditulis oleh UNPARPlus pada Sat Mar 12, 2022

Cita-cita untuk belajar ke Korea Selatan bisa diwujudkan dengan berbagai persiapan. Salah satunya belajar bahasa Korea dari dasar!

Siapa yang tidak tahu Korea Selatan? Mendengarnya saja pasti langsung mengantarkan ingatan pada grup musik dan drama mereka yang disenangi banyak kalangan. Gencarnya Korea Selatan memperkenalkan budaya mereka ke seluruh dunia membuat Negara Ginseng

Tidak hanya unggul di dunia hiburan, Korea Selatan pun dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di kawasan Asia. Banyak di antara anak muda sekarang yang ingin melanjutkan studinya ke Korea Selatan, dari tingkat sarjana, magister, hingga doktor.

Tapi, sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi ke sana, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipelajari. Yuk, simak selengkapnya!

Tapi, sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi ke sana, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipelajari. Yuk, simak selengkapnya!

1. Seluk Beluk Universitas dan Beasiswa

Untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi di Korea Selatan, tentu kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu jurusan yang akan diambil, universitas yang dituju, serta beasiswa yang bisa didapat. Saat mencari jurusan dan universitas yang diinginkan, beberapa hal harus diperhatikan, seperti syarat, waktu, hingga biaya kuliahnya.

Setelah itu, beralihlah ke pencarian beasiswa. Kamu bisa mendapatkan beasiswa melalui program yang diadakan pemerintah korea Selatan seperti Korean Government Scholarship Program (KGSP), The Korean International Cooperation Agency (KOICA) dari pemerintah Indonesia, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dari LPDP, dan lain-lain. Beberapa universitas di Korea Selatan pun sebetulnya menyediakan beasiswa untuk mahasiswa internasional.

Banyaknya peluang beasiswa ini memungkinkanmu berkuliah di Korea dengan biaya yang lebih ringan. Karenanya, selalu catat tanggal pendaftarannya agar tidak kehilangan kesempatan.

2. Tempat Tinggal dan Biaya Hidup

Setelah menemukan universitas yang cocok, langkah selanjutnya adalah mencari tempat tinggal. Biasanya mahasiswa internasional yang berkuliah di Korea Selatan akan memilih untuk tinggal di asrama. Sebab, asrama sudah dilengkapi dengan fasilitas kantin, laundry room, minimarket, dan tempat olahraga.

Namun, kamu juga bisa memilih hunian lain seperti apartemen untuk tinggal di Korea Selatan selama menempuh pendidikan nanti. Tentu saja, opsi ini memerlukan biaya deposit yang harus dikeluarkan di awal pembayaran.

Jadi, meski terbilang lebih murah dibandingkan kuliah di negara-negara barat, kamu tetap perlu mencari tahu biaya tambahan untuk menunjang kehidupan rata-rata mahasiswa internasional di Korea Selatan. Informasi ini sangat penting untuk mengelola keuangan semasa kuliah dan menentukan apakah kamu perlu bekerja paruh waktu untuk menambah pendapatan.

3. Budaya dan Keseharian di Korea

Memilih berkuliah di Korea Selatan, artinya siap untuk berkenalan dengan budaya negaranya yang mungkin asing untukmu. Walaupun telah terbiasa menonton film dan drama Korea, tak ada salahnya tetap mencari tahu kebiasaan dan kebudayaan mereka.

Budaya minum-minum, misalnya. Di Korea Selatan, minuman beralkohol seperti soju selalu tersedia di segala acara, mulai dari berkumpul dengan teman hingga urusan bisnis. Hal ini mungkin tidak cocok dengan kebiasaanmu. Karenanya, perlu dicari tahu agar bisa menerima atau menolak ajakan minum dengan tepat.

Hal-hal lain seperti cara menyapa seseorang, etika bertamu, dan kebiasaan menggunakan transportasi pun perlu dipelajari. Tujuannya, agar kita tidak menyinggung perasaan orang lain atau bahkan peraturan yang berlaku. Tak kalah penting, siapkan diri untuk memulai kebiasaan berjalan kaki yang dimiliki oleh orang Korea!

4. Cuaca dan Iklim di Korea

Agar bawaan tidak merepotkan, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu semua hal yang berhubungan dengan cuaca dan iklim di Korea Selatan. Cari tahu jenis pakaian yang tepat untuk menghadapi empat musim yang mereka miliki.

Tapi tak perlu langsung membawa semua barang dari rumah. Sebaiknya justru mulai mencicil secara perlahan kebutuhan tersebut saat memasuki pergantian musim.

5. TOPIK dan Kemampuan Berbahasa Korea

TOPIK (Test of Proficiency in Korean) alias tes kemahiran berbahasa Korea adalah hal yang paling penting di antara persiapan untuk melanjutkan studi ke sana. Ada beberapa jurusan yang mewajibkan kita memiliki nilai TOPIK minimal level 2 atau 3. Karenanya, mempelajari bahasa Korea sangatlah penting.

Meskipun kamu adalah mahasiswa internasional dan mempelajari mata kuliah umum, bahasa pengantar yang digunakan tetap bahasa Korea. Selain keperluan pendidikan, belajar bahasa Korea sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Menanyakan arah, membeli barang, atau berbicara ke tetangga, semuanya butuh kemahiran bahasa Korea.

Pentingnya nilai TOPIK untuk bisa melanjutkan studi ke Korea Selatan ini bisa kamu hadapi dengan belajar bahasa Korea secara online. Salah satunya dengan mengikuti online course dari lembaga pembelajaran bahasa seperti UNPAR+ (UNPAR Plus).

Di UNPAR+ (UNPAR Plus), kamu bisa mempelajari bahasa Korea melalui program “Let’s Learn Basic Korean Language” dengan mudah dan menyenangkan. Kursus ini dibentuk dan difokuskan pada pembelajaran bahasa Korea dari dasar seperti hangeul, angka, waktu, hingga ke pembentukan kalimat.

Selain itu, di “Let’s Learn Basic Korean Language” ini, kamu akan belajar dengan konten dan bahan ajar yang telah melalui kurasi dan revisi yang ketat, sehingga kualitas pembelajaran terjamin baik. Jadi, kamu bisa belajar sesuai dengan kecepatan dan jadwal sendiri, kapan saja, dan di mana saja secara online. Sertifikat pun akan diberikan begitu course telah selesai dipelajari.

Sebagai wadah pembelajaran, UNPAR+ (UNPAR Plus) menyediakan pembelajaran model online course, coaching, dan webinar untuk memenuhi kebutuhan belajar bahasa tanpa harus ke luar rumah. UNPAR+ (UNPAR Plus) memastikan semua pembelajaran bahasa yang mereka berikan berkualitas dan lolos kurasi konten audio-visual yang menarik serta mudah dipahami.

Tidak hanya belajar bahasa Korea, UNPAR+ (UNPAR Plus) juga memiliki program belajar bahasa Inggris, BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing), serta materi pembelajaran lainnya untuk mendukung kebutuhan pendidikan dan kariermu.

Wujudkan mimpi melanjutkan studi ke Korea Selatan dengan belajar bahasa Korea di “Let’s Learn Basic Korean Language” bersama UNPAR+ (UNPAR Plus). Skor TOPIK ada di genggaman tangan!

Kunjungi www.unparplus.com atau Instaram @unparplus untuk temukan berbagai kursus pembelajaran lainnya! Artikel ini merupakan bentuk kerja sama KUMPARAN dengan UNPAR+ (UNPAR Plus)

Launch your GraphyLaunch your Graphy
100K+ creators trust Graphy to teach online
UNPARPlus 2024 Privacy policy Terms of use Contact us Refund policy